nih aku share ya, kali aja ada yang mau niru ide aku untuk buat laporan kepemudaan juga hihi
LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBINAAN
KEPEMUDAAN BIDANG KETERAMPILAN
MEMBUAT KREASI KOTAK SERBAGUNA
KAMPUNG BULAK PERWIRA KELURAHAN PERWIRA
KECAMATAN BEKASI UTARA KOTA BEKASI
Dibuat dalam rangka
Untuk memenuhi persyaratan praktek pembelajaran mata kuliah
Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
Disusun oleh :
Nama
: YOLLANDA IRAWADI
NIM : 836166314
Pokjar : Tarumajaya
Kab : Bekasi
Semester : 1
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, atas
segala rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan tentang
Kegiatan Kepemudaan tanpa kendala apapun. Laporan ini dibuat sebagai salah satu
syarat untuk memenuhi mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
Program S1 PGSD Universitas Terbuka UPBJJ Jakarta.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada semua pihak baik secara langsung maupun tidak
langsung yang turut serta membantu penulis sehingga laporan ini terwujud.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis mengharapkan kritik
dan saran konstruktif demi kesempurnaan laporan ini, namun penulis tetap
berharap agar laporan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi penulis dan
bagi para pembaca pada umumnya.
Akhir kata kepada seluruh pihak yang telah membantu,
semoga amal dan kebaikannya mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Semoga
dapat membawa manfaat. Aamiin
Bekasi,
19 Mei 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar....................................................................................................... 1
Daftar Isi...................................................................................................................
2
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang............................................................................................ 3
B. Tujuan.......................................................................................................... 4
C. Hasil Kegiatan Secara Umum.................................................................. 5
BAB II Pelaksanaan Program
A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan............................................................ 6
B. Materi Pelatihan / Kegiatan...................................................................... 6
C. Strategi dan Deskripsi Jalannya Kegiatan............................................. 8
BAB III Temuan dan Hasil
A. Temuan / Hasil Evaluasi Proses.............................................................. 10
B. Temuan / Hasil Evaluasi Produk............................................................. 11
C. Pembahasan............................................................................................... 11
D. Gambaran Keaktifan.................................................................................. 12
BAB IV Penutup
A. Kesimpulan................................................................................................. 13
B. Saran............................................................................................................ 13
C. Tindak Lanjut............................................................................................... 14
Lampiran-Lampiran ............................................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pemuda merupakan salah satu modal dasar pembangunan yang
perlu dihimpun dan dibina agar benar-benar mampu mengambil peran aktif dalam
pembangunan di daerah. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, ditangan
pemuda pembangunan bangsa ini akan berjalan sesuai dengan harapan para pemimpin
Negara. Dewasa ini peran aktif pemuda tersebar melalui berbagai wadah, salah
satunya melalui pembinaan lembaga kepemudaan.
Melalui program pendidikan dari masyarakat substansi dari
praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, penulis melakukan
penelitian yang meliputi bimbingan Warga Belajar (WB). Adapun substansi yang
menjadi objek penelitian adalah kegiatan kepemudaan bidang keterampilan membuat
kreasi kotak serbaguna. Hal ini dilakukan karena masih banyak para pemuda usia
produktif yang belum mempunyai keterampilan. Dan rendahnya pendidikan formal
mereka yang rata-rata hanya mengenyam pendidikan sampai lulus SMP dan SMA saja.
Apabila dilakukan bimbingan terhadap para pesertanya maka akan dapat
meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang keterampilan khususnya.
Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi lading bisnis pemuda-pemudi di
kelurahan kami.
Untuk dapat mengembangkan kemampuan sebagai mahasiswa
lulusan S1 PGSD dibidang sosial, diperlukan peran aktif mahasiswa pada saat
mengikuti perkuliahan untuk dapat berkiprah ditengah-tengah masyarakat. Dengan
kegiatan ini diharapkan dan menumbuhkan dan menambah wawasan dalam bidang
keterampilan dilingkungan penulis berada.
B. Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan Kepemudaan
Salah satu peran serta mahasiswa dalam rangka ikut
berpatisipasi dalam pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia
dibidang keterampilan khususnya serta peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui
kegiatan ini diharapkan dapat :
1. Mengurangi jumlah pengangguran karena masih banyaknya
pemuda usia produktif di kelurahan kami yang belum memiliki pekerjaan dan usaha
yang sebenarnya mereka memiliki potensi yang perlu dikembangkan.
2. Melatih kemandirian dan meningkatkan penghasilan
masyarakat maka diadakan kegiatan membuat kreasi kotak serbaguna agar
bermanfaat bagi mereka dan menjadi bekal keterampilan dimasa mendatang.
3. Meningkatkan peran serta pemuda dalam membangun sosial,
politik, ekonomi dan budaya.
4. Meningkatkan kemampuan pemuda dalam berwirausaha,
kepemimpinan, dan semangat juang disegala bidang.
5. Memberikan kesempatan kepada pemuda untuk mengasah
kemampuannya.
6. Memiliki keterampilan dasar dibidang keterampilan.
7. Memberikan ide-ide kreatif dengan memanfaatkan kardus
bekas.
C. Hasil Kegiatan Secara Umum
Setelah dilatih selama tujuh hari sekitar 90% dari
anggota sudah sesuai dengan apa yang diharpkan dan hasilnya cukup memuaskan,
mereka benar-benar berusa untuk dapat menguasai keterampilan dan tidak ada rasa
putus asa di diri mereka. Dalam laporan ini rumusan hasil yang hendak dicapai
adalah sebagai berikut :
1. Peran aktif pemuda binaan dalam pembangunan Kampung kami meningkat.
2. Pemuda binaan mampu menciptakan contoh positif dalam kegiatan
kewirausahaan
3. Pembina binaan mampu menjadi pendorong semangat kegiatan
pemuda diberbagai pembangunan.
4. Pemuda binaan mampu menjadi tutor bagi pemuda lain yang
tidak berkesempatan memperoleh pembinaan, sehingga pemuda yang lain dapat
mengembangkan keterampilannya.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Program
1. Tempat Pelaksaan Program
Tempat pelaksanaan kegiatan
kepemudaan keterampilan membuat kotak serbaguna diadakan di Balai Pertemuan
Warga Kampung Bulak Perwira RT 005/017 Kelurahan Perwira. Kecamatan Bekasi
Utara. Kota Bekasi.
2. Waktu Pelaksanaan Program
Kegiatan keterampilan
membuat kreasi kotak serbaguna dilaksanakan mulai tanggal 26 April-12 Mei 2016.
B. Materi Pelatihan Kegiatan
Program kegiatan ini terdiri dari 5 hal pokok kegiatan
keterampilan membuat kotak serbaguna yang meliputi :
1. Pemberian Teori
Waktu : 45 Menit (pukul 15.30-16.15 WIB)
Materi : Cara membuat
kreasi kotak serbaguna
Tanggal kegiatan : 26 April 2016
Tujuan
Khusus : Cara membuat dan
mengkreasikan kotak serbaguna dari kardus sepatu bekas, mengetahui bahan dan
alat serta memahami teori proses pembuatan.
Bahan
dan Alat : Contoh kreasi
kotak serbaguna yang sudah jadi dan beberapa peralatan bahan dan alat yang
digunakan untuk membuat kreasi kotak serbaguna.
Seperti proses kegiatan
kegiatan keterampilan pada umumnya, sebelum praktik membuat kreasi kotak
serbaguna maka kita berikan dulu materi / teori / proses membuat kotak
serbaguna dari kardus sepatu bekas. Hal ini bertujuan agar peserta didik
memahami cara membuat kreasi kotak serbaguna dan mengetahui bahan dan alat yang
akan digunakan dalam pembuatan kotak serbaguna.
Adapun bahan dan alat yang digunakan dalam
membuat kreasi kotak serbaguna, adalah sebagai berikut :
1. Kardus sepatu bekas
2. Gunting
3. Lem kertas
4. Cutter
5. Penggaris
6. Kertas kado
7. Cat
8. Kuas
9. Pulpen
2. Perancangan Model
Waktu : 60 Menit (2x pertemuan) pukul 16.00-17.00
WIB
Materi : Cara merancang model dan sekaligus
dipraktikan.
Tanggal Kegiatan : 29 April 2016 dan 01 Mei 2016
Tujuan Khusus : Peserta dapat mengukur model dan bentuk
kardus sepatu agar mudah pada saat
dikreasikan. Dan pembentukan model kotak.
Bahan dan Alat : Pulpen, gunting, penggaris dan juga
kardus bekas sepatu.
Langkah
pertama yang harus dilakukan adalah perancangan model, dalam perancangan model
semua bahan dan alat harus disiapkan. Pertama, kita ukur kedua sisi kardus sama
rata. Kemudian kita bagi dua agar kotak sama ukurannya. Agar mudah pada saat
perancangan model untuk membuat kreasi kotak serbaguna. Kemudian pembentukan
dan pengeleman sisi-sisi kotak juga dilakukan pada tahap pertama ini.
3. Pengecatan Kotak
Waktu : 45 menit (2x pertemuan) pukul 07.00-08.45
WIB
Materi : Mengecat kotak kardus bekas sepatu.
Tanggal Kegiatan : 02 Mei 2016 dan 03 Mei 2016
Tujuan Khusus : Peserta dapat mengecat kotak kardus
bekas sepatu agar tampilan menjadi
menarik. Setelah dicat, kotak kardus bekas sepatu dijemur agar kering.
4. Menghias Kotak Serbaguna
Waktu : 60
Menit (pukul 16.00-17.00 WIB)
Materi : Menghias kotak dengan melapisi sisi-sisi
dengan kertas kado.
Tanggal Kegiatan : 09 Mei 2016
Tujuan Khusus : Peserta diharapkan mampu mengkreasikan
kotak dengan melapisi sisi-sisi kotak dengan kertas kado. Agar terlihat lebih
menarik dan warna kertas kado pun harus senada dengan warna cat tersebut.
Ditambah dengan aksesoris untuk mempercantik kotak serbaguna.
5. Pemajangan
Waktu : 60 Menit (pukul 09.00-10.00 WIB)
Materi : Memamerkan hasil karya
Tanggal Kegiatan : 12 Mei 2016
Tujuan Khusus : Peserta memahami langkah-langkah dan
proses hasil karya
Tahap
yang terakhir adalah pemajangan, maksud dari pemajangan adalah agar peserta
bisa bertanya kembali jika ada langkah-langkah yang belum dimengerti. Dan juga
memamerkan hasil karya kepada orang lain.
C. Strategi dan Deskripsi Jalannya Kegiatan
Strategi Kegiatan
1. Memilih waktu dan tempat yang tepat.
2. Pemilihan kardus bekas yang baik.
3. Pemberian informasi kepada para pemuda selengkap mungkin.
4. Selama proses kegiatan diusahakan agar suasana santai
tetapi tetap serius.
Deskripsi
Jalannya Kegiatan
Sebagai
sample, ini salah satu langkah dasar pembuatan kreasi kotak serbaguna dari
kardus sepatu bekas :
1. Siapkan kardus sepatu bekas yang akan digunakan. Ukur
sisi kanan dan kiri sama rata. Kemudian bentuk segitiga menghadap ke bawah pada
kedua sisi kardus bekas. Lalu, potong segitiga tersebut dengan rapi.
2. Lipat 2 kardus ke bawah maka akan terbentuk seperti 2
kotak yang disekat kardus. Rekatkan dengan lem kertas setiap belahan sisi kotak
kardus.
3. Cat dasar kotak kardus agar menarik dan lebih indah
dipandang. Kemudian jemur hingga kering.
4. Setelah cat kering, lapisi sis luar kardus dengan kertas
kado polos. Untuk membuat tampilannya lebih indah. Tambahkan aksesoris
bunga0bunga kecil yang terbuat dari kertas. Tempelkan sesuai selera.
Dalam keterampilan membuat kotak serbaguna dari kardus
bekas sepatu sekitar 6 pemuda mendapatkan hasil yang memuaskan, mereka adalah,
kiki, veni, fia, didi, warsin,dedi dan anjar. Mereka selalu memperhatikan dan
mengikuti setiap langkah demi langkah yang telah diajarkan. Berbeda dengan Dedi
yang selalu bersenda gurau dan selalu kurang memperhatikan pada saat
penjelasan. Namun pada dasarnya ketujuh pemuda tersebut berusaha untuk membuat
keterampilan kreasi kotak serbaguna dari kardus sepatu ini.
Pemuda-pemuda sangat antusias terhadap teori-teori yang
dijelaskan. Mereka mengikuti langkah demi langkah yang diajarkan. Mereka tak
malu bertanya jika ada langkah yang tidak mereka pahami.
Penilaian hasil kegiatan
keterampilan membuat kreasi kotak serbaguna dari kardus bekas sepatu adalah
sebagai berikut :
Kelompok kegiatan : Perwira Indah Bersatu
Alamat : Kampung
Bulak Perwira RT 005/017 Kelurahan Perwira. Kecamatan Bekasi Utara. Kota
Bekasi. Jawa Barat.
Tutor : Yollanda Irawadi
No
|
Kegiatan Membuat Kotak Serbaguna
|
Hasil Kegiatan
|
Keterangan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
Pemberian Teori
|
√
|
─
|
─
|
─
|
|
2
|
Perancangan Model
|
─
|
√
|
─
|
─
|
|
3
|
Pengecatan Kotak
|
√
|
─
|
─
|
─
|
|
4
|
Menghias Kotak
|
─
|
─
|
√
|
─
|
|
5
|
Pemajangan
|
√
|
─
|
─
|
─
|
Keterangan :
A : Baik Sekali
B : Baik
C : Cukup Baik
D : Kurang Baik
BAB III
TEMUAN DAN HASIL
A.
Temuan / Hasil Evaluasi
Proses
Format
tentang kehadiran
No
|
Nama
|
Tanda Tangan
|
||||||
26-Apr-16
|
29-Apr-16
|
1-May-16
|
2-May-16
|
3-May-16
|
9-May-16
|
12-May-16
|
||
1
|
Kiki
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2
|
Veni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3
|
Fia
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4
|
Didi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
5
|
Warsin
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
6
|
Dedi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
7
|
Anjar
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Keterangan :
Dari ketujuh warga
kepemudaan keterampilan membuat kreasi kotak serbaguna semuanya hadir hanya
saja ada yang datang tidak tepat waktu.
Pada awal proses pencarian bekas kardus sepatu tidaklah
sulit, karena hampir disetiap rumah warga kepemudaan keterampilan memiliki
kardus bekas sepatu. Masalah yang muncul
adalah saat pengukuran sisi-sisi kardus bekas sepatu. Ada pemuda yang tidak
rata pada saat pengukuran dan pengguntingan sehingga membuat tinggi kardus pun
tidak sama. Masalah kedua muncul, pada saat pengecatan. Ada pemuda yang tidak
rapi mengecat sehingga menyebabkan warna yang yang tidak rata pada sisi dalam
kardus. Namun, karena semangat dan rasa tidak putus asa dalam diri mereka,
kreasi kotak serbaguna dari kardus bekas sepatu pun menjadi rapi dan menarik.
B. Temuan / Hasil Evaluasi Produk
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Hasil Akhir
|
|
Kerapian
|
Variasi Kreasi
|
|||
1
|
Kiki
|
Sangat Rapi
|
Sangat Variasi
|
A
|
2
|
Veni
|
Sangat Rapi
|
Sangat Variasi
|
A
|
3
|
Fia
|
Cukup Rapi
|
Kurang Variasi
|
B
|
4
|
Didi
|
Cukup Rapi
|
Kurang Variasi
|
C
|
5
|
Warsin
|
Kurang Rapi
|
Kurang Variasi
|
C
|
6
|
Dedi
|
Kurang Rapi
|
Kurang Variasi
|
C
|
7
|
Anjar
|
Sangat Rapi
|
Sedikit Variasi
|
B
|
Keterangan :
A : Baik Sekali 90-100
B : Baik 80
C : Cukup 70
D : Kurang 60
Hasil
kreasi kotak serbaguna sangat memuaskan. Semua warga kepemudaan berhasil
membuat dengan rapi dan menarik. Pada dasarnya mereka sangat berminta membuat
kreasi kotak serbaguna ini karena mudahnya kotak kardus bekas sepatu yang
didapat, tanpa perlu sulit mencarinya. Serta bahan dan alat yang mudah
ditemukan menjadi factor utama mereka sangat berminat membuat kreasi kotak
serbaguna dari kardus bekas sepatu ini.
C. Pembahasan
Dari ketujuh warga belajar Perwira Indah Bersatu setiap
pertemuan aktif dan selalu merespons dengan aktif. Kiki sangat aktif dan
bersemangat dalam setiap pertemuan. Veni aktif dan juga sangat kreatif dalam
menghias. Fia terkadang datang terlambat karena harus membantu orang tuanya
terlebih dahulu di rumah. Didi dan Warsin selalu datang tepat waktu, berbeda
dengan Dedi dan Anjar yang suka datang terlambat. Berdasarkan kegiatan tersebut
yang paling aktif adalah Kiki dan Veni. Sedangkan yang kurang aktif adalah
Dedi.
D. Gambaran Keaktifan
No
|
Nama
|
Berpatisipasi
|
Diam
|
1
|
Kiki
|
√
|
|
2
|
Veni
|
√
|
|
3
|
Fia
|
√
|
|
4
|
Didi
|
√
|
|
5
|
Warsin
|
√
|
|
6
|
Dedi
|
√
|
|
7
|
Anjar
|
√
|
Keterangan :
Berpatisipasi :
90-100
Diam :
70-80
Dari
ketujuh warga kegiatan 6 warga belajar cukup aktif dan responsif dalam
mengikuti kegiatan kepemudaan membuat kotak serbaguna dari kardus bekas sepatu
hanya 1 warga belajar yang kurang aktif.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada hakekatnya pemuda memliki potensi yang luar biasa
jika mendapat kesempatan dan motivasi serta pembinaan yang tepat. Peran serta
masyarakat luas pada umumnya merupakan fasilitator dan moderator yang bisa
menjembatani kebutuhan para pemuda.
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan kepemudaan
keterampilan membuat kotak serbaguna dari kardus bekas sepatu di Kampung Bulak
Perwira Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi dapat disimpulkan
bahwa anggota kegiatan kepemudaan keterampilan membuat kreasi kotak serbaguna
dari kardus bekas sepatu dapat memahami dan melaksanakan dengan baik.
Dengan kegiatan ini diharapkan memacu kreatifitas dan
semangat bagi para pemuda agar ma uterus berusaha dan berjuang. Agar tidak ada
lagi pengangguran di kampong kami. Pemuda yang mampu bisa menciptakan wirausaha
sesuai dengan apa yang mereka minati.
B. Saran
1. Agar lebih ditingkatkan lagi pelatihan yang berhubungan
dengan keterampilan.
2. Ilmu yang didapat dari hasil pelatihan ini agar dapat
berguna bagi pemuda-pemuda lainnya.
3. Dukungan dari aparat pemerintah setempat agar lebih
banyak lagi pemuda yang mampu mengembangkan kreatifitasnya dibidang
kewirausahaan.
C. Tindak Lanjut
Setelah mengadakan kegiatan pembinaan ini penulis sebagai
pelaksana merasa bangga dan bersyukur atas kehadirat Allah swt. Karena selain
dapat membekali ilmu keterampilan kepada pemuda binaan khususnya dan masyarakat
pada umumnya. Kegiatan kepemudaan ini merupakan pengalaman yang sangat berguna
tentunya bagi penulis selaku sebagai pelaksana. Selanjutnya sebagai tindak
lanjut, penulis mengadakan program pemantauan dan evaluasi secara berkelanjutan
supaya pemuda binaan yang sudah mempunyai bekal keterampilan dapat dimanfaatkan
dengan sebaik-baiknya.
Lampiran-Lampiran
Format
Identifikasi Kebutuhan Kegiatan Kepemudaan
Nama
Mahasiswa : Yollanda Irawadi
NIM : 836166314
Pokjar : Tarumajaya
UPBJJ-UT : Jakarta
No
|
Nama
|
Identitas
|
Minta Kegiatan Kepemudaan
|
Cita-Cita
|
||
L/P
|
Usia
|
Pendidikan
|
||||
1
|
Kiki
|
P
|
19 tahun
|
SMA
|
Sangat Antusias
|
Home Industri
|
2
|
Veni
|
P
|
23 tahun
|
SMA
|
Sangat Antusias
|
Home Industri
|
3
|
Fia
|
P
|
16 tahun
|
SMP
|
Sangat Antusias
|
Home Industri
|
4
|
Didi
|
L
|
27 tahun
|
SMP
|
Sangat Antusias
|
Home Industri
|
5
|
Warsin
|
L
|
23 tahun
|
SMP
|
Sangat Antusias
|
Home Industri
|
6
|
Dedi
|
L
|
29 tahun
|
SMA
|
Cukup Antusias
|
Home Industri
|
7
|
Anjar
|
L
|
23 tahun
|
SMA
|
Sangat Antusias
|
Home Industri
|
Ketua
RT 005/017 Instruktur
Mata Kuliah
Muhtarom
Icam Sutisna
Foto-Foto Kegiatan
Perancangan Model Kotak
Pengecatan Kotak
PENILAIAN
LAPORAN
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Pendahuluan
|
||
a.
Mencantumkan latar belakang
|
|||
b.
Merumuskan tujuan secara umum
|
|||
c.
Merumuskan hasil kegiatan secara umum
|
|||
2
|
Pelaksanaan
Program
|
||
a.
Tempat dan waktu pelaksanaan
|
|||
b.
Materi pelatihan/kegiatan
|
|||
c.
Strategi dan deskripsi jalannya kegiatan
|
|||
3
|
Temuan
dan Hasil
|
||
a.
Temuan/hasil evaluasi proses
|
|||
b.
Temuan/hasil evaluasi produk
|
|||
c.
Pembahasan
|
|||
d.
Gambaran keaktifan
|
|||
4
|
Penutup
|
||
a.
Kesimpulan
|
|||
b.
Saran
|
|||
c.
Tindak lanjut
|
|||
d.
Lampiran format identifikasi
|
|||
JUMLAH SKOR
|
bisa di kirim fail ya gak
BalasHapusminta file nya boleh kakak . trims
BalasHapusMau tanya foto2 kegiatannya ditampilkan gak saat mengumpulny
BalasHapus